Tempe Bumbung, Ciri Khas Kota Temanggung Jawa Tengah

Tempe Bumbung, Ciri Khas Kota Temanggung Jawa Tengah

 

Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Magelang, Wonosobo. Wilayah kabupaten Temanggung merupakan wilayah perbukitan  yang masih berjajar dengan pegunungan Dieng. Di Temanggung ada gunung Sindoro dan Sumbing. Maka tak mengherankan bila Temanggung mempunyai pemandangan yang indah dengan  jalanan yang disebelah kanan dan kirinya banyak ditumbuhi kebun tembakau.

Bila kita sudah puas berkeliling maka saatnya kita membeli oleh-oleh khas Temanggung. Nah, ada hal yang menarik untuk kita bawa pulang. Apakah itu? Ternyata tempe bumbung. Tempe bumbung adalah tempe kedelai yang tidak menggunakan daun pisang atau plastik sebagai bungkusnya namun menggunakan bambu sebagai bungkusnya.

Bambu yang digunakan biasanya yang berukuran besar, ringan, tahan lama dan panjang sekitar 70 cm. Bambu tersebut sebelum digunakan dibelah dengan kedua sisi yang sama besar.Setelah itu bambu dibersihkan dan direndam dalam air bekas merendam kedelai. Setelah itu dijemur hingga kering dan siap digunakan. Bambu yang digunakan akan diikat dengan menggunakan tali agar tidak terlepas. Pada setiap proses pembuatan tempe kedelai, bambu harus mengalami proses perebusan dan penjemuran. Memang terkesan agak ribet dan melelahkan, belum lagi bila cuaca mendung sehingga menyulitkan proses penjemuran bambu.  Namun setelah menjadi tempe bumbung yang lezat maka kelelahan itu akan sirna.

tempe bumbung

Saat tempe kedelai telah siap dipasarkan, tali yang mengikat bambu akan dilepaskan. Tempe kedelai yang telah berbentuk bulat memanjang akan dipotong-potong sesuai kebutuhan dan jumlah permintaan. Untuk satu tempe bumbung utuh dengan panjang 70 cm dihargai dengan Rp20,000 saja. Cukup terjangkau bukan? Dengan harga yang terjangkau kita bias membuat berbagai menu hidangan keluarga seperti es cream tempe, sate tempe, roghout tempe, tumis tempe sambal terasi dan masih banyak lagi.

Tempe bumbung menjadi salah satu alternatif yang baik untuk menggantikan tempe kedelai bungkus plastik yang umum digunakan saat ini. Tempe kedelai plastik memang lebih praktis dalam penggunaannya namun banyak menghasilkan sampah yang tidak mudah terurai oleh proses pembusukan sehingga dalam jangka panjang akan merusak lingkungan hidup. Sementara bila mengunakan bambu, maka bambu dapat digunakan berulangkali dan dan dapat terurai oleh proses pembusukan sehingga tidak akan mengganggu kelestarian alam.

Tempe Bumbung Temanggung kini mulai dikenal banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Tempe bumbung ini mempunyai kelebihan yaitu bentuknya yang padat dan bila digunakan sebagai bahan baku pembuatan keripik tempe kedelai, maka tidak ada bahan baku yang terbuang karena dapat dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan. Biasanya keripik mempunyai bentuk yang tipis, sama besar dan tempe bumbung bisa dijadikan sebagai bahan baku yang cocok.

tempe-bumbung-siap-di-jual-di-pasar-parakan-temanggung

Jika menggunakan tempe plastik, maka keripik hanya akan berwujud kotak dan lebih lama dalam proses pemotongan karena terdiri dari bungkus tempe dengan ukuran kecil. Apalagi bila menggunakan bungkus pisang maka akan banyak bahan baku yang terbuang karena ukurannya yang tidak sama besar dan berukuran kecil-kecil.

Untuk itu kini banyak pengusaha tempe keripik menggunakan tempe bumbung sebagai bahan baku pembuatan keripik tempe.

 

Dapatkan Tempe Bumbung Asli Temanggung. Silahkan hubungi Kami Kapan Saja:

 

SMS/CALL:

0857-4849-1242

 

Ngebel, Kedungumpul, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah

 

Kata terkait:

Tempe kedelai, cara membuat tempe, resep tempe, resep tempe orek, cara pembuatan tempe, resep orek tempe, proses pembuatan tempe, masakan tempe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s