6 Komponen Penting yang Bermanfaat untuk Kesehatan dalam Sepotong Tempe Kedelai

6 Komponen Penting yang Bermanfaat untuk Kesehatan dalam Sepotong Tempe Kedelai

Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan hidangan keluarga sehari-hari. Banyak jenis menu yang berbahan utama tempe seperti Semur Tempe, Sate Tempe, Botok Tempe, Bacem Tempe, Perkedel Tempe, Lumpia Tempe dan masih banyak lagi. Ternyata dalam sepotong tempe banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Komposisi zat gizi dalam 100 gram tempe kedelai:

  1. Fosfor 154 mg
  2. Energi 149 kkal
  3. Kalsium 129 mg
  4. Vitamin A 50 SI
  5. Protein 18,3 g
  6. Karbohidrat 12,7 g
  7. Besi 10 mg
  8. Lemak 4 g
  9. Vitamin B1 0,17 mg

solusimasak-Cara-Menyimpan-Tempe

  • Protein
    Tempe mengandung 18 jenis protein dan asam amino yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mudah mencerna makanan. Protein berperan dalam memperbaiki jaringan tubuh manusia dan berperan dalam pembentukan jaringan otot, tulang,kuku dan rambut. Protein juga bermanfaat dalam pembentukan jaringan tubuh, mengurangi depresi dan bagi ibu yang sedang hamil turut dalam pembentukan janin. Begitu banyaknya manfaat protein bagi tubuh manusia, maka penggunaan yang berkesinambungan dan dalam porsi yang cukup akan membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan protein.
  • Kalsium
    Kalsium berperan dalam pembekuan darah, proses enzim dan juga penting dalam proses pertumbuhan tulang. Untuk itu bagi anak-anak yang dalam proses pertumbuhan, kalsium menjadi zat yang sangat penting. Dalam komposisi dasar tubuh manusia, kalsium menduduki peringkat ke lima setelah Oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen.
  • Magnesium
    Membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf, mendukung kekebalan tubuh, menjaga kadar gula dalam darah, menjaga kekebalan tubuh, menjaga kestabilan jantung. Untuk itu bila dimusim pancaroba yang biasanya berbagai penyakit muncul, magnesium bisa membantu agar kita mempunyai kekebalan tubuh dan tidak gampang sakit.
  • Fosfor
    Membangun tulang gigi yang kuat, memperbaiki jaringan sel dan tubuh, membantu keseimbangan vitamin dan mineral. Untuk itu dalam masa pemulihan dari sakit fosfor ini sangatlah bermanfaat, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung fosfor maka dapat membantu jaringan sel dan tubuh agar segera pulih.
  • Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Jika mengalami kekurangan maka gejala yang timbul adalah pucat, berat badan menurun dan sakit perut.  Perlu diketahui bahwa Tempe merupakan salah- satu bahan makanan sumber vitamin B12 potensial yang berasal dari nabati.

  • Antioksidan
    Di dalam tempe mengandung antioksidan yang berbentuk isoflavon. Ini berguna untuk menghentikan radikal bebas yang berasal dari makanan yang kita dapatkan sehari-hari. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan teratur maka dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Yang pasti antioksidan yang dihasilkan dari tempe merupakan bahan alami yang aman untuk tubuh.

Baca artikel

Manfaat Tempe Kedelai Bagi Kesehatan Kita

cara-pembuatan-tempe

Itu sebagian dari zat yang terkandung dalam sepotong tempe. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya harus secara kontinu mengkonsumsi. Saat ini belum ada penelitian yang yang membuktikan bahwa penggunaan tempe dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan efek negatif. Untuk itu tidak salah bila mengkonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Tempe biasanya dimasak dengan digoreng, direbus, di panggang, di sayur santan, di oseng bahkan di makan mentah juga bisa. Untuk mengurangi penggunaan minyak, maka diusahakan memasak dengan diselang-seling tanpa harus menggunakan minyak secara terus menerus.

Silahkan hubungi Kami Kapan Saja:

 

SMS/CALL: 082221235378

 

Ngebel, Kedungumpul, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah

Kata terkait:

Tempe kedelai, cara membuat tempe, resep tempe, resep tempe orek, cara pembuatan tempe, resep orek tempe, proses pembuatan tempe, masakan tempe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s