Tempe Kedelai

Mengenal Sejarah Tempe

Mengenal Sejarah Tempe

 

Tempe merupakan bahan makanan yang bernilai gizi yang tinggi yang harganya cukup terjangkau dan cukup mudah untuk mendapatkannya. Bahan makanan yang berasal dari kedelai itu telah ada sejak berabad yang lalu. Tempe mudah disajikan dalam berbagai macam makanan yang lezat. Mulai dari perkampungan hingga supermarket selalu menyediakan tempe. Tempe menjadi salah satu makanan yang cukup digemari.

 

Belum ada yang bisa memastikan kapan tempe pertama kali dibuat di Indonesia. Namun dalam Serat Centini yang ditulis pada tahun 1805 Masehi terdapat kata Tempe yang mengindikasikan tempe telah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Pada jaman penjajahan Belanda, beberapa meneer Belanda terhindar dari penyakit yang saat itu melanda karena telah mengkonsumsi tempe yang kaya akan protein.

 

Bahkan pada saat penjajahan Jepang yang terkenal dengan kerja rodinya, tempe menjadi salah satu penyelamat dari busung lapar yang kala itu melanda. Saat itu berbagai bahan makanan seperti padi telah diangkut para penjajah sehingga penduduk pribumi terpaksa mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang dapat panen lebih cepat dibandingkan padi seperti ketela pohon atau ubi kayu, umbi-umbian lain,  kedelai dan tumbuhan lainnya.

 

Namun di tengah suasana penjajahan dan kekurangan makanan itu ternyata mampu menimbulkan kreativitas bagi penduduk untuk mengolah kedelai menjadi tempe yang lezat. Pada akhirnya tempe bisa menyelamatkan bagi penduduk yang kekurangan gizi akibat kelaparan yang melanda. Saat itu para tahanan yang diberi makanan berupa tempe terbukti dapat menjaga stamina dan menghindarkan diri dari kekurangan gizi.

Tempe Kedelai

Tempe Kedelai

Tempe mempunyai kandungan yang sarat dengan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram tempe terkandung protein sebanyak 20,8 gram; lemak sebanyak 8,8 gram; serat sebanyak 1,4 gram;  kalsium sebanyak 155 miligram; fosfor sebanyak 326 miligram; Zat Besi sebanyak 4 miligram;  vitamin B 10 sebanyak 19 miligam.

Baca juga artikel

Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri

 

Saat ini tempe telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Apalagi sekarang sudah ada dalam bentuk kaleng yang praktis. Sehingga dapat bertahan dalam beberapa tahun. Di negara Srilanka yang penduduknya kebanyakan peranakan dari Indonesia, tempe tetap mendapat tempat yang cukup terhormat. Walaupun jauh dari negara asalnya Indonesia namun mereka tetap memproduksi tempe dan menjadikannya sebagai lauk- pauk dalam menu sehari-hari.

 

Orang asing pada awalnya merasa asing dengan tempe namun setelah diketahui manfaat tempe bagi kesehatan maka kini mulai mengenal tempe sebagai salah satu menu yang lezat dari Indonesia selain Nasi Goreng, Rendang, Sate yang lebih dahulu dikenal. Kita harus bangga bahwa makanan kita dapat sejajar dengan Tom Yam dari Thailand, Sushi dari Jepang.

Tempe Kedelai

Tempe Kedelai

Sebagai bentuk kepedulian dan rasa memiliki sudah selayaknya kita marah bila ada negara lain yang mengklaim tempe sebagai salah satu makanan tradisonal asli mereka. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempatenkan tempe sebagai makanan asli Indonesia dan menjadi bagian dari gaya hidup sehat kita. Jangan sampai anak cucu kita nanti hanya mengenal tempe dari cerita saja, tanpa tahu bentuk asli dan manfaatnya bagi kita. Untuk itu jadikan tempe sebagai makanan sehari-hari agar kita selalu sehat.

Hubungi Kami Kapan Saja:

SMS/CALL

0819 0399 6166

Ngebel, Kedungumpul, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah

Kata Terkait : Sejarah Tempe, Tempe Kedelai, Tempe Asli Indonesia, Jual Tempe Bumbung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s