Tempe Bumbung

Produk Tempe Bumbung Yang Ramah Lingkungan

Produk Tempe Bumbung Yang Ramah Lingkungan

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah tempe Bumbung. Tidak salah memang karena tempe Bumbung aslinya berasal dari kota Temanggung, salah satu kota di Jawa Tengah. Tempe bumbung bentuknya tidak sama seperti yang sering kita lihat dipasar Tradisional atau di mall terdekat. Untuk itu kita perlu berkenalan dengan Tempe Bumbung agar kita kita lebih memahami lebih lanjut dengan tempe jenis ini.

Tempe berasal dari kedelai yang difermentasi agar menjadi tempe yang dapat dikonsumsi kita. Tempe sendiri mempunyai beberapa bungkus. Yang dijual biasanya berbungkus plastik bening. Bentuknya persegi dan ketebalan bervariasi. Ada lagi yang bungkusnya terbuat dari daun pisang yang masih hijau. Di pelosok desa masih banyak yang memproduksi tempe jenis ini. Sementara dikota besar sudah jarang karena bahan baku untuk membungkus mahal dan jarang ada. Maka tak heran bila banyak yang beralih ke bungkus plastik.

Meskipun begitu, ada perbedaan antara bungkus plastik dan bungkus daun terutama menyangkut masalah rasa. Banyak yang berpendapat tempe yang menggunakan daun pisang rasanya lebih gurih bila dimasak. Bungkusnya juga ramah lingkungan. Untuk itu tempe dengan bungkus daun pisang laris manis dipasaran. Tempe Bumung dari Temanggung merupakan pilihan lain dari sisi pengemasan saat proses pembuatan tempe. Kami menggunakan bumbung atau bambu dan bukan menggunakan daun. Proses pembuatan tempe menggunakan bambu atau bumbung ini menghasilkan kualitas rasa yang tidak kalah dengan tempe kedelai yang menggunakan daun.

Baca juga artikel

Manfaat Tempe Kedelai Bagi Kesehatan

Tempe Bumbung

Tempe Bumbung

Tempe Bumbung dari cara pembuatannya sama seperti tempe lainnya yakni melalui proses pencucian bahan baku, pemberian ragi dan proses pembungkusan. Bedanya lagi si Tempe Bumbung ini terletak pada bungkusnya yang cukup unik. Ya bungkusnya terbuat dari Bambu besar yang panjangnya sekitar 50-70 cm, untuk diameter sekitar 10-12 cm. Bambu hanya berfungsi untuk membungkus dan membentuk tempe saja. Saat akan diperjual-belikan bambu atau bumbung tersebut dilepaskan. Bumbu tersebut bisa dicuci untuk dipergunakan berulangkali. Memang cukup ekonomis dan ramah lingkungan. Bandingkan bila dibungkus dengan plastik yang pasti akan menjadi sampah yang perlu di daur ulang lagi.

Untuk produksi tempe bumbung memang masih terbatas belum dalam skala besar yang dikelola perusahaan atau suatu wadah koperasi. Biasanya yang memproduksi masih skala rumahan. Untuk penjualannya juga terbatas didaerah tersebut, belum bisa menjangkau di wilayah yang letaknya cukup jauh apalagi sampai di lain pulau. Terbatasnya para pembuat tempe, produk yang tidak tahan lama dan distribusi pengiriman yang belum tertata menjadi tantangan tersendiri dalam ushan tempe bumbung.

Namun itu bisa diatasi dengan mengirimkan tempe yang belum begitu jadi (masih setengah jadi) agar saat sampai di tempat tujuan masih enak dikonsumsi. Namun untuk ongkos produksi menjadi meningkat karena bumbung ikut terjual saat pengiriman. Bambu sendiri yang dipergunakan yang berukuran besar yang berjenis bambu apus, sejenis bambu yang berukuran besar, tidak mudah lapuk dan berdiameter besar. Bambu tersebut masih sering ditemui di pedesaan di Indonesia.

Untuk tempe satu bumbung harganya berkisar 20 ribu. Biasanya dalam satu bumbung besar dapat dipotong-potong sesuai pesanan dan ukuran yang diminta. Biasanya yang memesan dalam jumlah besar itu perusahaan produksi keripik tempe. Keunggulan menggunakan tempe bumbung, ukuran keripik besar-besar dan standar jadi tempe yang tidak bisa digunakan semakin sedikit. Tentu saja itu keuntungan bagi perusahaan. Jika menggunakan tempe bungkus daun maka banyak tempe yang ukurannya tidak sesuai akan terkena sortiran. Keuntungan dari menggunakan tempe bumbung, rasanya lebih gurih dibandingkan tempe bungkus plastik. Harganya lebih terjangkau dan tidak menghasilkan sampah pada bagian bungkusnya.

Tempe Bumbung

Tempe Bumbung

Jika anda berminat maka anda dapat menghubungi kami. Kami memproduksi tempe bumbung skala menengah, jika anda memesan dalam jumlah besar hingga 1 kuintal per hari, kami dapat melayani pemesanan itu. Tempe kami higienis, bersih dan dibuat sesuai standar yang berlaku. Di samping itu tanpa bahan pengawet, tanpa bahan tambahan lainnya. selain tempe bumbung kami juga menyediakan ragi tempe merk raprima. silahkan baca juga artikel kami di Jual Ragi Tempe Merek Raprima  .untuk pemesanan

 

Hubungi Kami Kapan Saja:

SMS/CALL

0822 2123 5378

Ngebel, Kedungumpul, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah

 

Kata Terkait : Tempe Bumbung, Produk Tempe Bumbung, Olahan Tempe Bumbung, Jual Tempe Bumbung, Cara Membuat Tempe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s